Jumat, 22 April 2011

Ulangan Harian 2 (Hal 38 - 40)

  1. E
  2. B
  3. C
  4. E
  5. B
  6. C
  7. E
  8. A
  9. D
  10. B
  11. A
  12. C
  13. B
  14. E
  15. A
  1. Bagian dari politik etis manakah yang paling besar pengaruhnya terhadap lahirnya pergerakan Nasional Indonesia?Jelaskan!Yang paling berpengaruh besar adalah : bagian edukasi atau pendidikan, karena dari pelaksanaan politik etis berupa edukasi ini, melahirkan golongan intelektual (terpelajar) yang menjadi pelopor pergerakan nasional.
  2. Jelaskan faktor intern dan ekstern yang mendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia! Faktor Intern : Penderitaan rakyat akibat Imperialisme, munculnya golongan terpelajar yang menyadari adanya persamaan nasib, Faktor Ekstern : Kemenangan Jepang atas Rusia, pengaruh pergerakan nasional diasia, munculnya faham baru, seperti : liberalisme, nasionalisme, dan demokrasi.
  3. Jelaskan upaya yang dilakukan SI untuk membersihkan organisasi dari pengaruh PKI! Pada kongres SI tahun 1921, H. Agus Salim dan Abdul Moeis mendesak kongres untuk melaksanakan disiplin partai, artinya setiap anggota SI tidak dibenarkan menjadi anggota partai lain. dengan demikian infiltrasi PKI kedalam tubuh SI dapat dihilangkan.
  4. Uraikan mengenai Central Serikat Islam! CSI (Central Serikat Islam) merupakan sebuah wadah yang dibentuk oleh SI untuk menjalin komunikasi antar anggota dan menjaga persatuan antar anggotanya.
  5. Jelaskan latar belakang terjadinya perpecahan dalam tubuh PNI! Akibat keputusan kongres luar biasa tanggal 25 April 1931 untuk membubarkan PNI menimbulkan pro dan kontra antar tokoh-tokoh PNI dan terjadi perpecahan antar golongan yang setuju dengan pembubaran dan golongan yang tidak setuju dengan pembubaran PNI tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates